Pengaruh Profitabilitas dan Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Burse Efek Indonesia Periode 2017-2019

  • Aprillia Onoda Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan Good Corporate Governance dengan struktur kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial terhadap manajemen laba pada perusahaan properti dan real estate. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah kelompok perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019.


Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 15 perusahaan. Data yang telah dikumpulkan merupakan jenis data sekunder menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis yang dipakai adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis yang digunakan, yaitu uji F dan uji T yang diolah menggunakan program SPSS versi 25.


Penelitian ini memberikan hasil sebagai berikut: 1) Profitabilitas berpengaruh secara positif signifikan terhadap manajemen laba, 2) Good Corporate Governance dengan struktur kepemilikan institusional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba, 3) Good Corporate Governance dengan struktur kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, dan 4) Profitabilitas dan Good Corporate Governance secara simultan berpengaruh terhadap manajemen laba.

Published
2021-12-08
How to Cite
ONODA, Aprillia. Pengaruh Profitabilitas dan Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Burse Efek Indonesia Periode 2017-2019. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 438-450, dec. 2021. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1120>. Date accessed: 06 july 2022.