Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilik Usaha Kecil Menengah Dalam Pelaporan Kewajiban Perpajakan di Daerah Tangerang Kota (Studi Kasus pada Usaha Kecil Menengah Tangerang)

  • Herry Angwirya Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Menengah terkait pelaporan kewajiban perpajakan di daerah Tangerang Kota (studi kasus pada usaha kecil menengah Tangerang). Terdapat satu variabel dependen serta lima variabel independen pada penelitian ini. Pemahaman Wajib Pajak, Sikap Optimis Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, serta Manfaat yang Dirasakan Wajib Pajak merupakan variabel independen dari penelitian ini. Sementara Tujuan Pemeriksaan Wajib Pajak (UMKM di Tangerang Kota) adalah variabel dependennya.


Melalui metode kuantitatif, penelitian ini memperoleh data dari kuesioner online menggunakan teknik random sampling. Wajib pajak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Tangerang Kota merupakan sampel responden yang diteliti pada penelitian ini. Regresi linear berganda menggunakan bantuan program SPSS 20 adalah analisis data penelitian ini.


Ditinjau dari hasil analisis yang telah dilaksanakan, penelitian ini memperlihatkan bahwa Pemahaman Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Sikap Optimis Wajib Pajak, serta Manfaat yang Dirasakan Wajib Pajak. Sedangkan untuk variabel dependennya yaitu Tujuan Pemeriksaan Wajib Pajak (umkm di tangerang kota).

Published
2021-12-08
How to Cite
ANGWIRYA, Herry. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilik Usaha Kecil Menengah Dalam Pelaporan Kewajiban Perpajakan di Daerah Tangerang Kota (Studi Kasus pada Usaha Kecil Menengah Tangerang). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 488-499, dec. 2021. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1125>. Date accessed: 05 july 2022.