Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan Terhadap Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub-sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)

  • Lisa Julita Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan dan umur perusahaan berpengaruh terhadap audit delay.


Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 10 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria sampel dalam periode 2016-2019. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F menggunakan software SPSS V.25.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, leverage (DER), dan profitabilitas (ROA) berpengaruh terhadap audit delay, sedangkan ukuran perusahaan, dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap audit delay. Secara simultan, leverage (DER), profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan, dan umur perusahaan berpengaruh terhadap audit delay.

Published
2021-12-08
How to Cite
JULITA, Lisa. Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan Terhadap Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub-sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 536-542, dec. 2021. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1130>. Date accessed: 05 july 2022.