Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Leverage Terhadap Agresivitas Pajak (Study Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2015-2019)

  • Monika Baringbing Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Agresivitas pajak yaitu suatu tindakan yang bertujuan sebagai penghindaran pajak untuk mengurangi atau menghilangkan beban pajak perusahaan dengan menggunakan ketentuan yang diperbolehkan maupun memanfaatkan kelemahan hukum peraturan perpajakan atau melanggar ketentuan dengan menggunakan celah yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan leverage terhadap agresivitas pajak dengan metode kuanitatif dimana data yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data penelitian menggunakan regresi data panel dengan menggunakan program E-views 9. Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu, variabel profitabilitas memiliki nilai signifikansi 0,0639 > 0,05. Variabel kepemilikan manajerial memiliki nilai signifikasi 0,1052 > 0,05. Variabel kepemilikan institusional memiliki nilai signifikansi 0,0013 < 0,05 dan variabel leverage memiliki nilai signifikansi 0,3800 > 0,05 terhadap agresivitas pajak. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah variabel profitabilitas tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, kepemilikan institusional berpengaruh terhadap agresivitas pajak, leverage tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak dan variabel independen profitabilitas, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan leverage berpengaruh secara bersama-sama terhadap agresivitas pajak.

Published
2021-12-08
How to Cite
BARINGBING, Monika. Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Leverage Terhadap Agresivitas Pajak (Study Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2015-2019). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 574-579, dec. 2021. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1134>. Date accessed: 19 aug. 2022.