Pengaruh Return On Assets (ROA), Debt To Assets Ratio (DAR) dan Transfer Pricing Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 - 2019)

Authors

  • Mudita Halim Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Return On Assets (ROA), Debt To Assets Ratio (DAR), Transfer Pricing, Tax Avoidance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Assets (ROA), Debt To Assets Ratio (DAR) dan Transfer Pricing Terhadap Tax Avoidance. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 13 perusahaan selama periode 3 tahun pengamatan berturut-turut sehingga memperoleh 39 sampel perusahaan. Penelitian ini menggunakan software SPSS versi 25 dan Microsoft Excel dengan uji statistik deskriptif, uji T dan uji F. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Transfer Pricing berpengaruh terhadap Tax Avoidance dengan nilai sig 0,015 < 0,05 sedangkan Return On Assets (ROA) tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance dengan nilai sig 0,165 > 0,05 dan Debt To Assets Ratio (DAR) tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance dengan nilai sig 0,670 > 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-08