Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio (DER), Return On Asset Ratio (ROA), dan Net Profit Margin Terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019

Authors

  • Nindya Putri Septinia Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Current Ratio, Debt To Equity (DER), Return On Asset (ROA), Net Profit Margin, Pertumbuhan Laba

Abstract

Penulisan skripsi ini dilakukan dengan bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio (DER), Return On Asset (ROA) dan Net Profit Margin Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2019.

Penelitian ini menggunakan salah satu metode yaitu penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan pada pengambilan sampel Purposive Sampling. Purposive Sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan tujuan penelitian sehingga dapat diharapkan bisa menjawab permasalahan penelitian pada penelitian ini.

Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Nilai signifikan variabel Current Ratio = 0,989 > 0,05 sehingga Current Ratio tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. . Nilai signifikan variabel Debt to Equity Ratio (DER) = 0,446 > 0,05 sehingga Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. Nilai signifikan variabel Return On Asset (ROA) = 0,008 < 0,05 sehingga Return On Asset (ROA) berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. Sedangkan  nilai signifikan variabel Net Profit Margin = 0,056 > 0,05 sehingga Net Profit Margin tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba.

Nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,258 menunjukan bahwa pertumbuhan laba dipengaruhi sebesar 25,8% oleh variabel bebas (Current Ratio, Debt to Equity Ratio (DER), Return On Asset (ROA) dan Net Profit Margin) dan 74,2% dipengaruhi oleh varibel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-08