Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Intensitas Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 -2019)

  • Novi Yulia Utami Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pertumbuhan penjualan, intensitas modal dan ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak. Dalam penelitian ini objek yang digunakan adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Penelitiaan ini menggunakan jenis penelitian kuantiatif. Populasi penelitian ini yaitu sebanyak 31 perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam Penelitian ini metode pengambilan sampel yaitu menggunakan metode purposive sampling yang menentukan kriteria-kriteria tertentu sehingga terdapat 8 perusahaan yang diuji selama 5 tahun sehingga total sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40 sampel. Dalam penelitian ini sampel diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang diunduh melalui www.idx.co.id. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi linear berganda yang diolah dengan menggunakan program Statistical Package and Service Solution (SPSS) versi 26. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak, intensitas modal tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak dan ukuran perusahaan berpengaruh dan signifikan terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019.

Published
2021-12-08
How to Cite
UTAMI, Novi Yulia. Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Intensitas Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 -2019). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 610-617, dec. 2021. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1138>. Date accessed: 06 july 2022.