Pengaruh Tarif Pajak, Sanksi Pajak, Sosialisasi Pajak, Pemahaman Perpajakan, Serta Self Assessment System Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Studi Kasus Pasar Lama Kota Tangerang)

  • Andrian Sariputra Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tarif pajak, sanksi pajak, pemahaman perpajakan, sosialisasi pajak, serta self assessment system terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM daerah pasar lama Kota Tangerang. Penelitian yang dilakukan memiliki 5 variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel independen yang diteliti antara lain tarif pajak, sanksi pajak, pemahaman perpajakan, sosialisasi pajak, dan self assessment system. Sedangkan untuk variabel dependennya yaitu kepatuhan wajib pajak UMKM


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik random sampling dengan menggunakan data berupa kuisioner. Responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak UMKM di pasar lama Kota Tangerang. Analisis data penelitian menggunakan uji statistik deskritif, uji realibilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 22.


Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara parsial menunjukkan self assessment system berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Sebaliknya tarif pajak, sanksi pajak, sosialisasi pajak, pemahaman perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan secara uji simultan menyatakan tarif pajak, sanksi pajak, pemahaman perpajakan, sosialisasi pajak, serta self assessment system berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM.

Published
2021-12-08
How to Cite
SARIPUTRA, Andrian. Pengaruh Tarif Pajak, Sanksi Pajak, Sosialisasi Pajak, Pemahaman Perpajakan, Serta Self Assessment System Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Studi Kasus Pasar Lama Kota Tangerang). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 655-666, dec. 2021. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1142>. Date accessed: 06 july 2022.