Pengaruh Proses Rekrutmen dan Reputasi Perusahaan Terhadap Peningkatan Jumlah Karyawan di PT. Mitra Berkat Terpilih

  • Pia Ricadonna Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia) sangatlah penting dalam mencapai suatu tujuan bagi sebuah perusahaan. Salah satu cara agar sumber daya manusia dalam perusahaan bisa semakin berkembang adalah dengan cara rekrutmen serta mempunyai reputasi perusahaan yang baik. PT Mitra Berkat Terpilih adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang advertising (periklanan) yang membutuhkan rekrutmen untuk menambah produktifitas perusahaan serta mempunyai reputasi yang baik agar perusahaan dapat berkembang dengan baik.


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh proses rekrutmen dan reputasi perusahaan terhadap peningkatan jumlah karyawan di PT Mitra Berkat Terpilih. Jenis penelitian ini adalah jenis penilitian yang sifatnya kuantitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan kuisioner. Serta teknik analisis data meliputi Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, Uji Heterososkedastistas, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Korelasi dan Determinasi Berganda (R2), Uji R, Uji T Parsial, Uji F Simultan.


Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh proses rekrutmen terhadap peningkatan jumlah karyawan mendapat respon yang baik serta positif dari karyawan yang ada di PT Mitra Berkat Terpilih, begitupun juga dengan reputasi perusahan sudah cukup baik serta memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan jumlah karyawan. Proses rekrutmen dan reputasi perusahaan dengan tingkat nilai f_hitung (49,217) > f_tabel (2,46) dan signifikandi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh secara simultan atau bersama-sama antara proses rekrutmen dan reputasi perusahaan terhadap peningkatan jumlah karyawan di PT Mitra Berkat Terpilih..

Published
2021-12-08
How to Cite
RICADONNA, Pia. Pengaruh Proses Rekrutmen dan Reputasi Perusahaan Terhadap Peningkatan Jumlah Karyawan di PT. Mitra Berkat Terpilih. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 696-704, dec. 2021. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1146>. Date accessed: 05 july 2022.