Pengaruh Promosi di Aplikasi Youtube dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen

  • Verrendo Yonathan Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji seberapa pengaruh promosi di aplikasi youtube dan variasi produk terhadap minat beli konsumen pada tokopedia.


Pemilihan sampel ini berdasarkan metode simple random sampling dan data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang dikumpulkan dari kuesioner yang dibagikan kepada responden. Metode analisis yang digunakan regresi linear berganda sehingga dapat disimpulkan bahwa, variabel promosi terhadap minat beli konsumen ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,042 > t tabel 1,985 dan signifikansi 0,044 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa promosi mempunyai pengaruh positif terhadap minat beli, lalu variabel variasi produk terhadap minat beli ditunjukkan dengan nilai t hitung 9,170 > t tabel 1,985 dan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variasi produk mempunyai pengaruh positif terhadap minat beli.


Dari uji F didapat Fhitung untuk promosi dan variasi produk dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 atau Fhitung > Ftabel 139,241 > 3,09, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan antara promosi dan variasi produk terhadap minat beli konsumen.

Published
2021-12-08
How to Cite
YONATHAN, Verrendo. Pengaruh Promosi di Aplikasi Youtube dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 756-766, dec. 2021. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1153>. Date accessed: 06 july 2022.