Pengaruh Penghindaran Pajak dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Pendanaan Eksternal Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019

  • Shinta Tiarna Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis dampak penghindaran pajak dan pertumbuhan laba terhadap pendanaan eksternal perusahaan manufaktur selama periode 2017-2019 di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 51 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan sampel yang digunakan adalah 13 produsen yang akan dijadikan sampel.


Penelitian ini juga menggunakan pendekatan asosiatif dimana jenis data penelitian ini adalah kuantitatif. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier sederhana, pengujian hipotesis klasik, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi 5%. Software SPSS versi 26 juga digunakan untuk pengolahan data dalam penelitian ini.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penghindaran pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap pendanaan eksternal. Pertumbuhan pendapatan tidak berpengaruh signifikan terhadap pendanaan eksternal. Penghindaran pajak dan pertumbuhan pendapatan dampak yang signifikan secara simultan terhadap pendanaan eksternal.

Published
2021-12-08
How to Cite
TIARNA, Shinta. Pengaruh Penghindaran Pajak dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Pendanaan Eksternal Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 788-795, dec. 2021. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1158>. Date accessed: 06 july 2022.