Analisis Pengaruh Komponen Arus Kas, Laba Akuntansi, dan Firm Size Terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Industry yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019)

  • Stephanie Stephanie Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komponen arus kas, laba akuntansi dan firm size terhadap return saham. Variabel independen pada penelitian ini meliputi arus kas operasi (AKO), arus kas investasi (AKI), laba akuntansi (LAK), dan firm size (FS). Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini yaitu menggunakan return saham.


Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan consumer goods industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 26 sampel perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu program SPSS versi 25.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa arus kas operasi (AKO) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham, arus kas investasi (AKI) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham, laba akuntansi (LAK) berpengaruh signifikan terhadap return saham, firm size tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham, dan arus kas operasi (AKO), arus kas investasi (AKI), laba akuntansi (LAK), dan firm size secara simultan berpengaruh signifikan terhadap return saham.

Published
2021-12-08
How to Cite
STEPHANIE, Stephanie. Analisis Pengaruh Komponen Arus Kas, Laba Akuntansi, dan Firm Size Terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Industry yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 796-806, dec. 2021. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1159>. Date accessed: 06 july 2022.