Pengaruh Rasio Leverage, Rasio Profitabilitas dan Rasio Likuiditas Terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan

  • Pilla Rezha Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan laba pada perusahaan yang terdaftar di BEI pada periode 2016 sampai 2020. Beberapa perusahaan yang diteliti adalah PT. Wilmar Cahaya Indonesia Tbk, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, PT Mayora Indah Tbk, PT Ultrajaya Milk Industry Co. Tbk, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk, dan PT Sekar Laut Tbk, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rasio leverage, rasio profitabilitas dan rasio likuiditas.


Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode komperatif, metode komperatif adalah salah satu jenis penelitian yang diperuntunkan untuk mengetahui perbedaan antara variabel yang diteliti. dimana penelitian ini tidak melakukan manipulasi data , agar data yang dihasilkan benar-benar objektif dan akurat. Maka dapat dikatakan metode koperatif dilakukan dengan sealami mungkin, sehingga hasil dari perbedaan variabel yang diteliti dapat terlihat jelas


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rasio leverage berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan laba perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2016-2020, rasio profitabilitas berpengaruh positif terhadap pertumbuhan laba perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2016-2020, rasio likuiditas berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan laba perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2016-2020.

Published
2021-12-08
How to Cite
REZHA, Pilla. Pengaruh Rasio Leverage, Rasio Profitabilitas dan Rasio Likuiditas Terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 861-865, dec. 2021. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1166>. Date accessed: 06 july 2022.