Pengaruh Pelaksanaan Pelaporan, Pemahaman Wajib Pajak, Sanksi/Denda Pajak, dan Self Assesment System Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Karyawan PT Fajar Inovasi Sejahtera)

Authors

  • Anita Oktaviana Universitas Buddhi Dharma
  • Sutandi Sutandi Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Pelaporan Perpajakan, Pemahaman Wajib Pajak, Sanksi/Denda Pajak, Self Assesment System, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Penelitian bertujuan untuk uji: (1) Pengaruh pelaksanaan pelaporan terhadap kepatuhan wajib pajak, (2) Pengaruh pemahaman terhadap kepatuhan wajib pajak, (3) Pengaruh sanksi/denda pajak terhadap kepatuhan wajib pajak , (4) Pengaruh self assesment system terhadap kepatuhan wajib pajak (studi kasus pada karyawan PT Fajar Inovasi Sejahtera di Bekasi). Penelitian ini menggunakan teknik yaitu probability sampling, dengan metode simple random sampling. Setelah perhitungan dengan rumus slovin, diperoleh sampel sebanyak 75 responden.

Penelitian ini merupakan penelitian survei, yang dimana informasi dalam penelitian berasal dari responden dengan menggunakan google form. Uji korelasi berganda dan diolah menggunakan software SPSS version 24.00.

Pada hasil uji statistik t (parsial) memberikan informasi bahwa variabel pelaksanaan pelaporan, pemahaman wajib pajak, sanksi/denda pajak tidak memiliki pengaruh signifikans terhadap kepatuhan wajib pajak sedangkan yang berpengaruh signifikans yaitu variable self assessment system.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-28