Pengaruh Penerapan E-Filing, Tarif Pajak, serta Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (Umkm) Studi Kasus di Pertokoan Kebon Jeruk 3 Jakarta

  • Dewi Purwati Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Tujuan dari kajian ini guna menilai apakah adanyapengaruh yang signifikanbaik secara parsialmaupun secarasimultanantara Pengaruh Penerapan e-Filing, Tarif Pajak, Serta Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Penggiat Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) studi Kasus di Pertokoan Kebon Jeruk Jakarta. Kuesioner yang dilakukan penyebaran pada 50% orang yang mempunyai usaha kecil menengah yang terdapat di pertokoan Kebon Jeruk Jakarta yang menjadi sampeldalam penelitian ini sebagai data utama. Menggunakandata analisis yang bersifat kuantitatif dengan melakukan pengujian instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi dan uji hipotesis serta dilakukan analisis dengan memakai SPSS versi 26,0. Secara parsial variabel Penerapan E-filing tidak memberikan dampak signifikan senilai 0,102 sebagai hasil dari penelitian ini, variableTarif Pajakberdampak secara signifikan sebesar 0,003, variablePelayanan Fiskus tidakberdampak secara signifikan sebesar 0,256.

Published
2022-06-28
How to Cite
PURWATI, Dewi. Pengaruh Penerapan E-Filing, Tarif Pajak, serta Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (Umkm) Studi Kasus di Pertokoan Kebon Jeruk 3 Jakarta. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 224-235, june 2022. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1321>. Date accessed: 25 sep. 2022.