Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Capital Intensity Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Tax Avoidance

Authors

  • Ferbianus Januwito Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Capital Intensity, Pertumbuhan Penjualan, Tax Avoidance

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Capital Intensity dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Tax Avoidance pada perusahaan industri manufaktur sektor Konsumsi yang terdaftar didalam situs resmi Bursa Efek Indonesia dari tahun periode 2017 sampai dengan tahun 2020.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan memiliki populasi sebanyak 61 perusahaan yang termasuk didalam perusahaan di sektor manufaktur barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun periode 2017-2020. Penentuan sampel di perusahaan manufaktur atas dasar kriteria tertentu. Data keuangan didalam penelitian ini diperoleh melalui situs resmi BEI dan metode analisis regresi linier berganda menggunakan Microsoft Excel 2019 dan software SPSS versi 25.

Pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji partial (T) variabel Ukuran Perusahaan, Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Sedangkan variabel Capital Intensity dan Pertumbuhan Penjualan berpengaruh terhadap tax avoidance. Dan hasil uji simultan (F) menunjukkan bahwa secara bersama-sama semua variabel bebas didalam penelitian ini berpengaruh terhadap tax avoidance.

Published

2022-06-28