Pengaruh Ukuran Perusahaan, Financial Leverage, ROA, dan Net Profit Margin Terhadap Perataan Laba (Income Smoothing) (Studi Empiris pada Sub Sektor Perusahaan Industri Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

Authors

  • Fransisca Pinky Angelita Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Financial Leverage, Return On Asset, Net Profit Margin, Income Smoothing

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini guna menguji: (1) Pengaruh ukuran perusahaan terhadap perataan laba, (2) Pengaruh financial leverage terhadap perataan laba, (3) Pengaruh ROA terhadap perataan laba, (4) Pengaruh net profit margin terhadap perataan laba (studi empiris pada sub sektor perusahaan industri makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia). Teknik pengambilan sampel yang dipakai penelitian yakni purposive sampling. Guna mengetahui perusahaan mana yang melaksanakan perataan laba dengan memakai pendekatan indeks eckel.

Penelitian ini termasuk pada penelitian kuantitatif, sampel penelitian ini yakni 32 perusahaan dengan sektor makanan dan minuman yang sudah terdaftar di BEI 2018-2020. Teknik analisa data regresi logistic biner serta diolah dengan dibantu oleh program SPSS versi 24.

Mengacu pada hasil penelitian yang mana adanya pengaruh signifikan dari ukuran perusahaan dan ROA terhadap perataan laba. Sementara financial leverage dan NPM tidak berpengaaruh signifikan. Semua variabel penelitian ini berpengaruh simultan terhadap perataan laba.

Published

2022-06-28