Pengaruh Profitabilitas, Capital Intensity, Serta Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak

Authors

  • Imanuel Jacob Wuarlela Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilitas, Capital Intensity, Corporate Social Responsibility, Agresivitas Pajak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mengetahui seberapa besar pengaruh profitabilitas, capital intensity, serta corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak. Variabel dependen yaitu agresivitas pajak yang diukur dengan menggunakan Effective Tax Rate (ETR). Variabel independen yaitu profitabilitas, capital intensity, dan corporate social responsibility yang dihitung dengan masing-masing rumus yang telah ditentukan.

Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2020. Teknik pengumpulan data sampel menggunakan teknik Non-probability Sampling ditambah teknik purposive sampling dengan total 9 perusahaan. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan yang diperoleh dari websiter resmi Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Uji Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis, dan Uji Regresi Linear Berganda, dengan menggunakan tools software SPSS IBM 24.

Hasil pengujian dalam penelitian ini, menyatakan bahwa variabel independen yaitu profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak, variabel capital intensity tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak, dan variabel corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap agresivias pajak. Berdasarkan hasil uji simultan (uji F) membuktikan bahwa profitabilitas, capital intensity, dan corporate social responsibility bersama-sama berpengaruh terhadap agresivitas pajak.

Published

2022-06-28