Pengaruh Capital Intensity, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)

Authors

  • Jessica Anjelina Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Tax Avoidance, Capital Intensity, Leverage, Profitabilias

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Capital Intensity, Leverage dan Profitabilitas terhadap Tax Avoidance. Objek dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 67 Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020.

Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Setelah pengurangan dengan beberapa kriteria terpilih sebanyak 16 perusahaan sampel sehingga diperoleh 64 laporan keuangan sebagai observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diunduh melalui www.idx.co.id untuk memperoleh data berupa laporan keuangan masing-masing perusahaan yang digunakan sampel pada penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan diolah dengan menggunakan program SPSS versi 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Capital Intensity secara parsial berpengaruh negatif terhadap Tax Avoidance dengan nilai signifikansi 0,011 < 0,05 dan nilai koefisien -0,309. Leverage secara parsial tidak berpengaruh negatif terhadap Tax Avoidance dengan nilai signifikansi 0,325 > 0,05 dan nilai koefisien -0,038 dan Profitabilitas secara parsial berpengaruh negatif terhadap Tax Avoidance dengan nilai signifikansi 0,017 < 0,05 dan nilai koefisien -0,842, serta secara simultan variabel Capital Intensity, Leverage dan Profitabilitas berpengaruh terhadap Tax Avoidance pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2020.

Published

2022-06-28