Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Capital Intensity, dan Transfer Pricing Terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2020
Keywords:
CSR, Transfer Pricing, Capital Intensity, Penghindaran Pajak, PajakAbstract
Berdasarkan penelitian ini, diharapkan dapat mengetahui dampak Corporate Social Responsibility, Capital Intensity, dan Transfer Pricing terhadap penghindaran pajak pada perusahaan makanan dan minuman Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2018 hingga 2020, sebagian dan secara bersamaan, dengan menganalisis data dari sejumlah perusahaan. Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini, dan total 34 perusahaan berpartisipasi. Prosedur analisis data berikut digunakan dalam SPSS versi 25: Hubungan yang signifikan secara statistik diasumsikan ada antara variabel yang sedang diuji dalam semua pengujian ini. Corporate Social Responsibility berdampak pada penghindaran pajak, menurut temuan penelitian tersebut. Capital Intensity dan Transfer Pricing adalah dua faktor yang mempengaruhi penghindaran pajak. Menurut hasil uji F, penghindaran dan penghindaran pajak terkait dengan CSR, Capital Intensity (CI), dan Transfer Pricing (TP).