Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur pada Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

Authors

  • Nirmala Hera Saputri Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Agresivitas Pajak

Abstract

Riset ini bertujuan guna memperoleh bukti empiris terkait pengaruh ukuran Perusahaan, leverage serta profitabilitas terhadap agresivitas pajak. Populasi pada riset ini yakni laporan keuangan Badan Usaha manufaktur makanan serta minuman yang terdaftar pada BEI tahun 2016 hingga 2020.

Penetapan sample dikerjakan melalui pendekatan purposive sampling dengan 8 sample Badan Usaha tahun 2016 hingga 2020 sehingga total sample yakni 40. Teknik analisis data pada riset ini yakni regresi linier berganda melalui penerapan SPSS versi 25.

Temuan riset memperlihatkan nilai signifikan ukuran Perusahaan yang di proksikan melalui SIZE yakni 0,001, nilai signifikan leverage melalui pengukuran DER yakni 0,254, serta nilai signifikan profitabilitas melalui pengukuran ROA yakni 0,003.

Berlandaskan temuan riset, variable ukuran perusahaan serta profitabilitas berkorelasi signifikan pada agresivitas pajak. Leverage tidak berkorelasi signifikan pada agresivitas pajak. Ukuran Badan Usaha, leverage serta profitabilitas berkorelasi simultan pada agresivitas pajak.

 

Published

2022-06-28