Analisa Pengaruh Dewan Komisaris Independen, Kualitas Audit dan Nilai Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

Authors

  • Novita Dwiyanti Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Dewan Komisaris, Kualitas Audit, Nilai Perusahaan, Manajemen Laba

Abstract

Manajemen laba ialah proses mengambil tindakan tertentu yang disengaja didalam batas-batas standar akuntansi keuangan untuk memandu pelaporan laba sampai batas tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dewan komisaris independen, kualitas audit dan nilai perusahaan terhadap manajemen laba. Didalam penelitian ini, semuanya dihitung menggunakan rumus, manajemen laba diukur dengan menghitung model Jones yang dimodifikasi, dewan komisaris independen dengan proporsi DKI, kualitas audit diukur dengan KAP, dan nilai perusahaan diukur dengan PER.

Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan didalam penelitian ini meliputi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2016 sampai tahun 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sebanyak 11 perusahaan dari 27 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 5 tahun, sehingga data penelitian mewakili 42 sampel dengan menggunakan SPSS versi 25. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Dewan Komisaris Independen tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba, (2) Kualitas Audit berpengaruh terhadap Manajemen Laba, (3) Nilai Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba, (4) Dewan Komisaris Independen, Kualitas Audit dan Nilai Perusahaan secara simultan mempengaruhi Manajemen Laba.

Published

2022-06-28