Pengaruh Ukuran Perusahaan, Financial Distress, Profitabilitas, dan Solvabilitas Terhadap Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan Property & Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 – 2020)

  • Novita Valencia Universitas Buddhi Dharma
  • Salikim Salikim Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetes kembali apakah ukuran perusahaan, financial distress, profitabilitas dan solvabilitas selaku parsial atau simultan berpengaruh terhadap audit delay pada perusahaan sektor property & real estate yang tercatat di BEI periode 2017 -2020. Metode pengambilan sample penelitian ini adalah purposive sampling dengan sample dari 15 perusahaan semasa periode 4 tahun pengawasan bersambungan, dan jumlah sample adalah 60. Data yang dipakai ialah data sekunder yang di lakukan dengan uji statistic deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji T, dan uji F memakai software SPSS versi 25. Berlandaskan hasil pengujian secara parsial, membuktikan bahwa financial distress, profitabilitas, dan solvabilitas tidak berpengaruh terhadap audit delay. Sementara itu ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap audit delay. Pada saat yang sama, hasil uji secara simultan membuktikkan bahwa ukuran perusahaan, financial distress, profitabilitas dan solvabilitas secara simultan tidak berpengaruh terhadap audit delay.

Published
2022-06-28
How to Cite
VALENCIA, Novita; SALIKIM, Salikim. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Financial Distress, Profitabilitas, dan Solvabilitas Terhadap Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan Property & Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 – 2020). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 766-776, june 2022. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1384>. Date accessed: 25 sep. 2022.