Pengaruh Kualitas Produk Perbankan, Mesin Self Service dan Citra Bank Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Central Asia Tbk Cabang Duta Gardenia

Authors

  • Prya Widya Sukma Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kualitas Produk Perbankan, Mesin Self Service, Citra Bank, Loyalitas

Abstract

Berhasil tidaknya bank dalam mempertahankan nasabah sangat berpengaruh terhadap staretgi yang digunakan oleh bank untuk dapat menarik minat nasabah. Pemasaran yang dilakukan dapat berupa promosi, inovasi layanan produk yang ditawarkan, citra pandang teknologi yang canggih dan beberapa unsur lainnya. yang membentuk citra masyarakat dan peningkatan kualitas pelayanan perbankan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan nasabah agar nasabah tidak beralih ke bank lain.

Selain itu hal ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Kualitas Produk Perbankan, (2) Pengaruh Mesin Self Service, (3) Pengaruh Citra Bank Terhadap Loyalitas Nasabah yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah Nasabah BCA Cabang Duta Gardenia sebanyak 100 Nasabah.Metode pengumpulan data yaitu dengan kuisioner. Uji coba instrumen dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan analisis regresi berganda. Dari hasil analisis regresi linear berganda, diperoleh hasi lpersamaan ð‘Œ= 1,421 + 0,229ð‘‹1 + 0,346ð‘‹2 + 0,222X3+ 1,905. dari hasil korelasi antar variabel, Produk Perbankan mempengaruhi loyalitas sebesar 71,6% dan sisanya sebesar 28,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Mesin Self Service mempengaruhi loyalitas sebesar 74,4% dan sisanya sebesar 25,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Citra Bank mempengaruhi loyalitas sebesar 59,9% dan sisanya sebesar 40,1% dipengaruhi oleh faktor lain

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kualitas Produk Perbankan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas nasabah BCA KCP Duta Gardenia. (2) Mesin self service berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas nasabah BCA KCP Duta Gardenia. (3) Citra Bank berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas nasabah BCA KCP Duta Gardenia. Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan produk perbankan, mesin self service dan citra bank terhadap loyalitas nasabah pada BCA KCP Duta Gardenia. Dengan R2 atau R square sebesar 0,634 atau 63,4%, nilai ini memiliki arti bahwa loyalitas nasabah sebesar 63,4% dapat dijelaskan oleh variabel produk perbankan, mesin self service dan citra bank. Sedangkan, sebesar 36,6% lainnya dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini atau memiliki hubungan yangkuat.

Published

2022-06-28