Pengaruh Pengetahuan Pajak, Motivasi Pajak, Kesadaran Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Warga Kelurahan Duri Kosambi – Cengkareng Jakarta Barat)

  • Venny Afrilia Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Saat ini negara sangat membutukan pajak buat sumber pendapatan dan penghasilan dalam negara. Penelitian sesuai ini tujuan untuk dapat mengetahui pengaruh pengetahuan pajak pada kepatuhan pajak, motivasi wajib pajak pada kepatuhan pajak, kesadaran pada kepatuhan pajak serta sanksi pada wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Objek dalam pengkajian adalah warga di kelurahan duri kosambi.


Pengkajian yang akan dilakukan pengkaji memakai teknik kuantitatif dengan melalu penyebaran angket Teknik untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling acak dan metode slovin  Dengan bantuan program Spss versi 25 hasil uji deskriptif, asumsi klasik, analisis regresi linear berganda,  Uji determinasi dan uji hipotesis


Pada pengeolahan data dari hasil uji hipotesis bahwa pengetahauan pajak terhadap kepatuhan Pajak adalah 0,006 < 0,05 pengaruh pada kepatuhan wajib pajak, motivasi wajib pajak 0,001 < 0,05pengaruh pada kepatuhan wajib pajak, kesadaran wajib pajak 0,007 <0,05 pengaruh pada kepatuhan wajib pajak  sedangkan sanksi pajak 0,008 < 0,05 pengaruh pada kepatuhan wajib pajak . Jadi secara bersamaan keempat variabel tersebut mempengaruhi terhadap kepatuhan wajib pajak.  

Published
2022-06-28
How to Cite
AFRILIA, Venny. Pengaruh Pengetahuan Pajak, Motivasi Pajak, Kesadaran Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Warga Kelurahan Duri Kosambi – Cengkareng Jakarta Barat). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 964-971, june 2022. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1406>. Date accessed: 25 sep. 2022.