Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2020)
Keywords:
Pertumbuhan Penjualan, Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan, Leverage, Manajemen LabaAbstract
Untuk membuat posisi keuangan mereka terlihat menarik, perusahaan sering melakukan manajemen laba. Istilah ini mengacupada praktik-praktik yang dengan sengaja salah menggambarkan pendapatan perusahaan untuk memenuhi tujuan. Akibatnya, manajemen akan fokus pada pencapaian tujuan laba dengan mengorbankan segala sesuatu yang lain. Hal ini karena melayani kepentingan pribadi mereka sendiri serta kepentingan investor. Penelitian ini menguji pengaruh ukuran bisnis, leverage, pertumbuhan penjualan dan perencanaan pajak terhadap manajemen laba. Target penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftardi sektor makanan dan minuman; populasinya adalah 26 perusahaan. Untuk menguji pengaruh faktor-faktor ini pada perusahaan yang berbeda, 11 dipilih melalui pengambilan sampel. 11 perusahaan ini dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Penelitian ini mengandalkan data sekunder yang diperoleh melalui SPSS Versi 24. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa Sales Growth berpengaruh terhadap manajemen laba dengan nilai signifikansi 0,010. Selain itu, Perencanaan Pajak, ukuran perusahaan dan leverage semuanya tidak berpengaruh dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,869, 0,519 dan 0,191. Selanjutnya ditunjukkan bahwa pengaruh tersebut bersifat simultan dengan nilai signifikansi 0,023.