Pengaruh Likuiditas Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Ritel Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021

Authors

  • Gerald Stephanus Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Struktur Modal, Likuiditas, Profitabilias, Ukuran Perusahaan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas, profitabilitas dan ukuran entitas pada struktur ekuitas. Riset ini tercatat tiga variabel tidak terikat dan satu variabel terikat. Variabel tidak terikat di riset ini yaitu likuiditas, profitabilitas dan ukuran entitas. Sedangkan variabel terikat yaitu struktur ekuitas.

Riset ini memakai metode penelitian kuantitatif. Penentuan sampel riset memakai metode purpossive sampling total sampel sebesar 45 entitas sektor ritel yang terdaftar di bursa efek indonesia. Metode analisa data menggunakan uji regresi linier berganda dengan SPSS versi 25.

Hasil analisis memperlihatkan yaitu;  pengaruh signifikan likuiditas pada struktur modal dengan signifikan sebesar 0,029 < 0,05 ; ada  pengaruh signifikan profitabilitas pada struktur modal dengan signifikansi sebesar 0,006 < 0,05 ; tidak ada pengaruh signifikan ukuran perusahaan terhadap struktur ekuitas dengan signifikansi sebesar 0,455 > 0,05 ; terdapat pengaruh signifikan antara likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan pada struktur modal dengan signifikansi senilai 0,000 < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-10