Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kepemilikan Institusional dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan & Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)

Authors

  • Mayomi Sarumaha Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilitas, Kebijakan Deviden, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Abstract

Riset ini digunakan untuk menyelidiki pengaruh simultan antar variabel independen terhadap variabel dependen. Variabel independen dalam riset ini terdiri dari empat yakni profitabilitas, kebijakan dividen, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan. Dimana variabel terikat menggunakan proksi PBV. Total data yang diambil sebanyak 17 dari 47 perusahaan dan dievaluasi sebanyak 85 data.

       Riset ini merupakan data sekunder berupa laporan keuangan yang diperoleh dari situs www.idx.co.id dan membandingkan informasi dari data keuangan yang ada di situs web resmi www.idnfinancials.com. Teknik yang digunakan dengan purposive sampling dengan software SPSS 25.

       Hasil dari riset ini menyimpulkan bahwa variabel bebas berdampak simultan terhadap PBV. Profitabilitas memiliki dampak signifikan terhadap PBV, sedangkan kebijakan dividen, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan tidak memiliki dampak signifikan terhadap PBV

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-18