Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Reputasi KAP dan Ukuran Perusahaan terhadap Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)

Authors

  • Melinda Putri Wijaya Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilitas, Solvabilitas, Reputasi KAP, Ukuran Perusahaan, Audit Delay

Abstract

Penyampaian laporan keuangan merupakan hal yang penting bagi perusahaan, oleh karena itu penyampaian laporan keuangan harus tepat waktu untuk membuktikan pertanggungjawaban perusahaan kepada investor. Waktu yang diperlukan untuk menyusun laporan keuangan auditan menjadi perhatian para pengguna laporan keuangan.

       Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, solvabilitas, reputasi KAP dan ukuran perusahaan terhadap audit delay  dengan melakukan studi empiris pada perusahaan sektor consumer non-cyclicals yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2018-2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan data sekunder. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor consumer non-cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan sampel penelitian ini berjumlah 38 perusahaan yang diambil menggunakan teknik purposive sampling.

       Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Audit Delay, Solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap Audit Delay, Reputasi KAP berpengaruh signifikan terhadap Audit Delay, dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Audit Delay. Profitabilitas, Solvabilitas, Reputasi KAP dan Ukuran Perusahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Audit Delay

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-18