Pengaruh Makroekonomi, Intellectual Capital, Economic Value Added, dan Interest Coverage Ratio Terhadap Harga Saham pada Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017- 2020

Authors

  • Nia Agustin Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian yang diteliti bertujuan untuk mendapatkam bukti actual mengenai pengaruh Makroekonomi, Intellectual Capital,Economic Value Added and Interest Coverage Ratio terhadap harga saham pada sektor perbankan. Populasi dalam penelitian berdasarkan laporan keuangan setiap perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020.

Penentuan sampel dilakukan dengan metode Purposive sampling yang jumlah sampel sebanyak 10 perusahaan selama periode 4 tahun secara berurut total sampel sebanyak 40 sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 25.

Berdasarkan hasil penelitian yang  menunjukan bahwa hasil dari t menyatakan variabel Intellectual Capital, Economic Value Added memiliki pengaruh negatif tdan Interest Coverage Ratio dianggap memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham dan hasil dari F hitung 53.766 lebih besar dari nilai F hitung 2,866 dengan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 arti-nya  variabel makroekonomi, Intellectual Capital, Economic Value Added and Interest Coverage Ratio mempengaruhi secara simultan terhadap Harga Saham.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-05-10