Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Leverage Terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020

Authors

  • Handry Wijaya Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Tujuan riset ini ialah guna melihat “Profitabilitas, likuiditas dan leverage mempunyai pengaruh pada Agresivitas Pajak”. Populasi riset ini yakni laporan keuangan perbankan di BEI periode 2016 hingga 2020.
Metode penelitian yang dipakai ialah metode kuantitatif pengolahan sampel memakai teknik purposive sampling. Data yang didapat penulis yakni data 13 perusahaan yang sesuai standar selama periode pengamatan 5 tahun, disusun berurutan, dan hasil yang didapat, total 65 data perusahaan. Pengolahan data penyusunan makalah ini memakai program SPSS versi 24 guna mengadakan uji statistik deskriptif, uji hipotesis klasik, uji analisis regresi linier berganda serta uji hipotesis.
Hasil pengujian memperlihatkan hasil nilai signifikan profitabilitas yang diukura memakai rumus ROA adalah 0,000, hasil nilai signifikan likuiditas yang dihitung dengan rumus LAR adalah 0,482, dan hasil nilai signifikan leverage yang dihitung dengan PR rumusnya adalah 0,003. Dari hasil penelitian ini memperlihatkan profitabilitas serta leverage berkorelasi signifikan dengan agresi pajak, likuiditas tak memberi pengaruh signifikan pada agresi pajak sedangkan berkorelasi dengan agresi pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-08