Pengaruh Komisaris Independen, Leverage dan Komite Audit Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Industrial Goods Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022)

Authors

  • Debby Claudia Universitas Buddhi Dharma
  • Rina Sulistiyowati Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Komisaris Independen, Leverage, Komite Audit, Tax Avoidance

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menguji pengaruh komisaris independen terhadap tax avoidance, leverage terhadap tax avoidance, komite audit terhadap tax avoidance, serta pengaruh secara simultan komisaris independen, leverage, komite audit terhadap tax avoidance.

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor industrial goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2022. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang didapatkan sebanyak 80 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan diolah dengan menggunakan program SPSS versi 25

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel komisaris independen tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, leverage tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, komite audit berpengaruh terhadap tax avoidance, serta komisaris independen, leverage, komite audit, secara simultan berpengaruh terhadap tax avoidance.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-29