ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019

Authors

  • Aurellia Aurellia Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Perencanaan Pajak, Aset Pajak Tangguhan, Dewan Komisaris, Dewan Direksi, Komite Audit, Manajemen Laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen laba. Faktor – faktor tersebut terdiri dari Perencanaan Pajak, Aset Pajak Tangguhan, Jumlah Dewan Komisaris, Jumlah Dewan Direksi, dan jumlah Komite Audit. Beragam motivasi dan latar belakang melandasi praktik Manajemen Laba.

       Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Metode pemilihan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 13 perusahaan selama periode 3 tahun pengamatan berturut-turut sehingga memperoleh 39 sampel perusahaan. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linier berganda.

       Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan Pajak tidak berpengaruh terhadap manajemen laba dengan nilai sig 0,387 > 0,05, Aset Pajak Tangguhan berpengaruh terhadap manajemen laba dengan nilai sig 0,018 < 0,05, Dewan komisaris berpengaruh terhadap manajemen laba dengan nilai sig 0,047 < 0,05, Dewan Direksi berpengaruh terhadap manajemen laba dengan nilai sig 0,019 < 0,05, sedangkan komite audit tidak berpengaruh terhadap manajemen laba dengan nilai sig 0,241 > 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-08