ANALISIS PENGARUH CURRENT RATIO, NET PROFIT MARGIN (NPM), DAN TOTAL ASSET TURNOVER (TATO) TERHADAP EARNING PER SHARE (EPS) PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE TAHUN 2015 -2019

Authors

  • Evie Susanti Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Current Ratio, Net Profit Margin, Total Asset Turnover (TATO), Earning per Share

Abstract

Abstrak

 

Tujuan dari kajian ini ialah guna menganalisaa dampak beberapa rasio keuangan terhadap Earning per Share pada perusahaan, apakah ada peningkatan atau penurunan Earning per Share dalam perusahaan. Untuk mengetahui peningkatan atau penurunan Earning per Share tersebut, diperlukan suatu analisis terhadap Earning per Share, dengan mempergunakan rasio keuangan.

Kajian ini ialah kajian deskriptif untuk menganalisis data, pengambilan kesimpulan, dan memecahkan masalah yang ada. Data yang dipergunakan ialah data kuantitatif, yang terdapat angka dan perhitungan mempergunakan rumus. Objek kajian yang dipergunakan ialah laporan keuangan perusahaan subsektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019 yakni laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi.

Variabel dalam penelitian ialah : Current Ratio (X1), Net Profit Margin (X2), Total Asset Turnover (TATO) (X3) serta variabel terikat yang berupa Earning per Share (Y) pada perusahaan subsektor makanan dan minuman. Metode pengambilan data yang dipakai ialah studi Pustaka dan dokumen. Metode analisis data yang dipergunakan ialah metode analisa rasio keuangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio, Net Profit Margin, Total Asset Turnover (TATO) berpengaruh secara signifikan terhadap Earning per Share (Y).

 

Kata kunci : Current Ratio, Net Profit Margin, Total Asset Turnover (TATO), Earning per Share

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-08