Pengaruh Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan dan Aset Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019

  • Fransisca Fransisca Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh perencanaan pajak, beban pajak tangguhan dan aset pajak tangguhan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019.


 


Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan yang didapat dari website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan sehingga diperoleh 13 perusahaan sebagai sampel.


 


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan Pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba. (2) Beban Pajak Tangguhan berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba. (3) Aset Pajak Tangguhan tidak berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba. (4) Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan, Aset Pajak Tangguhan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba.

Published
2021-12-08
How to Cite
FRANSISCA, Fransisca. Pengaruh Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan dan Aset Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 86-94, dec. 2021. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/734>. Date accessed: 16 jan. 2022.