Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Dan Solvabilitas Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Basic Industry Dan Chemicals Yang Terdaftar Bursa Efek Indonesia Periode 2016 – 2019)

Authors

  • Indra Marcelino Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitanilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Solvabilitas, Kebijakan Dividen

Abstract

Aktivitas investasi adalah aktivitas dimana investor menghadapi berbagai risiko dan ketidakpastian. Untuk mengurangi kemungkinan risiko dan ketidakpastian, investor memerlukan berbagai informasi lain yang relevan, seperti kondisi ekonomi dan politik perusahaan. Informasi yang diperoleh dari perusahaan umumnya didasarkan pada kinerja perusahaan yang tercermin dalam laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap rasio keuangan (ROE), ukuran perusahaan (SIZE), likuiditas (CR) dan solvabilitas (DER) terhadap kebijakan dividen (DPR).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sebanyak 13 perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama empat tahun pengamatan (2016-2019) yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Data penelitian ini menggunakan SPSS versi 26 dengan uji analisis deskriptif dan analisis regresi logistik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Profitabilitas (ROE) berpengaruh signifikan terhadap Kebijakan Dividen (DPR). Ukuran Perusahaan (SIZE), Likuiditas (CR), dan Solvabilitas (DER) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kebijakan Dividen (DPR). Profitabilitas (ROE), Ukuran Perusahaan (SIZE), Likuiditas (CR), dan Solvabilitas (DER) berpengaruh secara simultan terhadap Kebijakan Dividen (DPR).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-08