PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, BIAYA KEPATUHAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS PADA KARYAWAN PT. BEST & BEST INDONESIA)

  • Erika Kristina Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Jumlah penggunaan kendaraan sepeda motor dari tahun ke tahun mengalami peningkatan tetapi tidak beriringan dengan tingkat kenaikan pendapatan pajak yang seharusnya diterima. Masih terdapat banyak tunggakan dari wajib pajak yang tidak patuh terhadap kewajibannya dalam membayar pajaknya sehingga penerimaan pajak kendaraan bermotor masih belum optimal. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan, biaya kepatuhan dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Data penelitian berupa kuesioner yang disebarkan di lingkungan PT. Best & Best Indonesia.


Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 106 karyawan. Sample yang dipakai adalah sejumlah 84 karyawan dengan menggunakan metode purposive sampling. Aplikasi IBM SPSS Statistic 25 merupakan alat bantu yang dipakai dalam analisis statistika deskriptif, uji asumsi klasik, uji kualitas, analisis regresi dan uji hipotesis.


Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa : (1) variabel pengetahuan perpajakan berpengaruh signifikan secara individual terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, (2) variabel biaya kepatuhan tidak berpengaruh secara individual terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, (3) variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara individual terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor, (4) variabel pengetahuan perpajakan, biaya kepatuhan dan kualitas pelayanan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor.

Published
2021-12-08
How to Cite
KRISTINA, Erika. PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, BIAYA KEPATUHAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS PADA KARYAWAN PT. BEST & BEST INDONESIA). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 48-58, dec. 2021. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/744>. Date accessed: 16 jan. 2022.