Perancangan Aplikasi Penentu Jurusan IPA atau IPS Pada SMA Menggunakan Fuzzy Logic

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kurangnya persiapan siswa dalam memilih penjurusan yang tepat akan berdampak pada pelajaran yang nantinya akan di pelajarinya. Perkembangan teknologi yang semakin canggih yang sekarang telah membuat banyak organisasi atau lembaga menggunakannya sebagai media yang pengolahan data, mendukung kemampuan Komputer dalam pengolahan data telah sangat mendukung dalam menghadirkan information bahwa mudah, akurat dan berkualitas. Seperti dengan organisasi atau lembaga lain. Pada penelitian akan menerapkan logika fuzzy metode Tsukamoto dalam mencari penjurusan yang tepat pada siswa di SMA. Keuntungan penggunaan logika fuzzy adalah dapat melakukan observasi objektif terhadap nilai-nilai yang bersifat subjektif. Adapun variable yang akan diproses dalam logika fuzzy adalah  nilai dan minat. Hasil tes siswa akan menjadi nilai masukkan yang kemudian  diproses didalam logika fuzzy. Nilai tersebut diproses kedalam tiga tahapan logika fuzzy yaitu fuzzifikasi, penalaran dan defuzzifikasi. Hasil dari penjurusan ini yang kemudian akan menjadi panduan siswa dalam mengoptimasi proses pembelajaran.

Published
2017-08-30
How to Cite
KURNIA, Yusuf; SAGARA, Dharma. Perancangan Aplikasi Penentu Jurusan IPA atau IPS Pada SMA Menggunakan Fuzzy Logic. Tech-E, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 15 - 21, aug. 2017. ISSN 2581-1916. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/te/article/view/15>. Date accessed: 23 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.31253/te.v1i1.15.
Section
Articles