Perancangan Aplikasi Prediksi Kelulusan Mahasiswa Tepat Waktu Pada Universitas Buddhi Dharma Menggunakan Perbandingan Algoritma C4.5 dan K-NN

  • Suwitno Witno Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Koleksi data pada database sistem informasi akademik Perguruan Tinggi sering tidak dimanfaatkan secara maksimal, padahal dari data tersebut dengan teknik data mining dapat memberikan pengetahuan yang belum diketahui sebelumnya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui cara membentuk model prediksi tingkat kelulusan mahasiswa tepat waktu pada Universitas Buddhi Dharma Tangerang melalui data kelulusan mahasiswa. Evaluasi kinerja klasifikasi dilakukan untuk mengetahui seberapa baik keakuratan dari suatu model yang terbentuk dengan perbandingan algoritma C4.5 dan K-NN. Pengujian dilakukan dengan Confusion Matrix dan kurva ROC. Hasil akurasi yang diperoleh membuktikan bahwa Algoritma C4.5 menghasilkan persentase akurasi 90%  dan K-NN menghasilkan persentase akurasi 87%. Dengan demikian algoritma C4.5 memiliki nilai akurasi lebih tinggi dibanding K-NN. Algoritma C4.5 ini dapat digunakan untuk pembuatan aplikasi prediksi kelulusan mahasiswa tepat waktu pada Universitas Buddhi Dharma.

Published
2017-09-12
How to Cite
WITNO, Suwitno. Perancangan Aplikasi Prediksi Kelulusan Mahasiswa Tepat Waktu Pada Universitas Buddhi Dharma Menggunakan Perbandingan Algoritma C4.5 dan K-NN. Tech-E, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 29 - 36, sep. 2017. ISSN 2581-1916. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/te/article/view/17>. Date accessed: 23 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.31253/te.v1i1.17.
Section
Articles