Studi Ketertarikan Masyarakat Terhadap Penggunaan Aplikasi Tangerang Live (Pendekatan Pada Teori Skala SERVQUAL)
Main Article Content
Abstract
Aplikasi Tangerang Live merupakan aplikasi berbasis android yang dikenalkan oleh Pemerintan Kota Tangerang untuk membantu masyarakat Tangerang mengefisensi dan mengefektifkan proses administrasi yang mungkin dibutuhkan oleh masyarakat Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur sebuah model kualitas layanan jasa atas sebuah aplikasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Tangerang dan faktor penerimaan teknologi yang baru ini berdasarkan persepsi pengguna dan melihat pengaruh kualitas layanan aplikasi tersebut dengan pendekatan pada teori Skala SERVQUAL dalam kaitannya dengan faktor meningkatkan kualitas jasa. Uji hubungan antara variabel kualitas terhadap keputusan penggunaan dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. mengambil sampel obyek penelitian pada mahasiswa program studi manajemen Di Universitas Buddhi Dharma sejumlah 68 responden yang memenuhi syarat untuk diteliti lebih lanjut dengan alat uji statistik SPSS. Hasil penelitian menjelaskan bahwa rata-rata nilai kualitas adalah sebagai berikut : pertama, kualitas layanan situs pada aplikasi memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi, kedua, layanan dasar situs pada aplikasi memiliki dampak cukup signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi yang berimplikasi pada peningkatan kualitas layanan jasa itu sendiri. Hal ini sejalan dengan hasil dari metode analisis yang digunakan dalam regresi linear sederhana dengan hasil variabel X1 terhadap Y adalah Y = 20,349 + 0,477 X1 lalu untuk hasil variabel X2 terhadap Y adalah Y = 18,699 + 0,535 X2 dan regresi linear berganda dengan hasil variabel X1, X2 terhadap Y adalah Y = 14,036 + 0,373 X1 + 0,272 X2.
Selain itu besaran pengaruh juga didapat dari hasil metode analisis koefisien determinasi, hasilnya X1 memiliki pengaruh kontribusi terhadap Y sebesar 30,8%, X2 memiliki pengaruh kontribusi terhadap Y sebesar 20,9%, X1,X2 memiliki pengaruh kontribusi terhadap Y sebesar 34,7%, hal ini menandakan bahwa studi ini memiliki kontribusi yang cukup signifikan terhadap kaitannya dengan peningkatan kualitas jasa.
Downloads
Article Details
Abstract views: 711 / PDF downloads: 611