Analisis Strategi Bersaing Perusahaan Yang Bergerak Dibidang Logistik Di Jakarta

Authors

  • Puti Lenggo Ginny Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/pe.v17i2.172

Keywords:

Industri Logistik, Deskriptif Kualitatif, Strategi Bersaing, Strategi Fokus diferensiasi

Abstract

Indonesia telah mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 12,3% selama periode 2009 sampai dengan 2014 yang mana salah satu faktor pendorong pertumbuhan ini berasal dari sektor logistik. Sebagai salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang logistik, Perusahaan logistik mengembangkan unit bisnis baru yang memberikan jasa dalam bidang kurir dan pengiriman dengan tujuan untuk mempertahankan eksistensi dan memperluas pangsa pasar dalam industri logisik. Beberapa kendala ditemukan dalam operasional unit bisnis tersebut baik yang bersifat internal maupun eksternal yang pada akhirnya berakibat tidak bertumbuhnya kontribusi laba terhadap perusahaan induk.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing pada perusahaan logistik dengan melakukan analisis faktor internal dan faktor eksternal dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber daya, kapabilitas dan kompetensi inti digunakan sebagai analisis faktor internal dan analisis lingkungan makro dan Porter's Five Forces untuk analisis faktor eksternal. Disamping itu, penelitian ini akan memberikan rekomendasi dalam memformulasikan strategi bersaing yang tepat bagi perusahaan guna memenangkan kompetisi dalam industri logistik dengan menggunakan analisis SWOT dan strategi generik.

Hasil yang diperoleh dari analisis yang dilakukan yaitu perusahaan logistik memiliki peluang dan ancaman yang relatif cukup besar dalam industri logistik dan beberapa kekuatan dan kelemahan pada sisi internal yang harus ditinjau kembali oleh perusahaan. Oleh karena itu, rekomendasi strategi yang tepat bagi perusahaan yaitu strategi fokus pada diferensiasi, menentukan target pasar yang lebih spesifik dalam pengembangan bisnis yang ada, menetapkan geografis dalam kegiatan operasional, memiliki asset yang cukup dan memadai untuk menunjang kegiatan operasional dan pemanfaatan yang optimal atas pengalaman dan reputasi perusahaan di dalam industri logistik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-05-24

How to Cite

Ginny, P. L. (2019). Analisis Strategi Bersaing Perusahaan Yang Bergerak Dibidang Logistik Di Jakarta. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 17(2), 107–128. https://doi.org/10.31253/pe.v17i2.172