Pengaruh Kualitas Layanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) (Survey Pelanggan Jasa Transportasi Grab Car di Kampus UBD Tangerang)

Main Article Content

Authors

    Yosamanta Vistara( 1 ) Petrus T. Resi( 2 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (2) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa pesatnya teknoogi informasi menyebabkan bisnis baik produk barang maupun jasa mengalami
pergeseran kedalam bisnis online, tidak terkecuali bisnis jasa dalam bidang tranportasi atau angkutan umum. Adapun tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (service quality) jasa transportasi online Grab Car terhadap Kepuasan Pelanggan (customer satisdaction) di Kampus UBD Tangerang dilihat dari persepsi pelanggan. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Universitas Buddhi Dharma Tangerang pengguna jasa Grab Car. 


Sampel diambil berdasarkan purposive sampling sebanyak 50 responden. Hasil analisis terhadap data penelitian secara umum, kualitas pelayanan jasa
transportasi online Grab Car di Kampus UBD Tangerang dalam kategori baik dan Secara umum, kepuasan pelanggan jasa transportasi online Grab Car di Kampus UBD Tangerang dalam kategori baik. Korelasi antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan jasa transportasi online Grab Car di Kampus UBD Tangerang dalam kategori signifikan, ditunjukkan oleh nilai koedisien korelasi sebesar 0,848. Uji Hipotesis menunjukkan meolak H0 yang menyatakan tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online Grab Car di Kampus UBD Tangerang, atau dengan kata lain menerima H1 yang menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online Grab Car di Kampus UBD Tangerang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Vistara, Y., & Resi, P. T. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) (Survey Pelanggan Jasa Transportasi Grab Car di Kampus UBD Tangerang). Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 17(3), 14–25. https://doi.org/10.31253/pe.v17i3.186
Section
Articles

Abstract views: 540 / PDF downloads: 503