Pengaruh Konformitas Terhadap Impulsive buying dengan Self-control sebagai Moderator pada Dewasa Awal

Main Article Content

Authors

    Agatha Lidya Lianto( 1 ) Meike Kurniawati( 2 )

    (1) Universitas Tarumanagara | Indonesia
    (2) Universitas Tarumanagara | Indonesia

Abstract

Impulsive buying yang terjadi pada masa dewasa awal dapat memiliki dampak jangka panjang pada keuangan dan stabilitas kehidupan di masa depan. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh konformitas terhadap perilaku impulsive buying dengan self-control sebagai moderator pada dewasa awal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Sampel penelitian yang diambil berjumlah 100 responden dewasa awal dalam rentang umur 18-25 tahun dari berbagai jenis kelamin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Kuesioner disebarkan dalam google form. Setelah data dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah melakukan uji normalitas dan analisis deskriptif. Selain itu, dilakukan uji hipotesis dengan metode regresi moderasi (MRA) untuk menganalisis hubungan variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konformitas berpengaruh negatif terhadap impulsive buying pada dewasa awal, menunjukkan bahwa tingkat konformitas yang tinggi berkorelasi dengan kemungkinan pembelian impulsif yang rendah. Selain itu, interaksi antara konformitas dan self-control memainkan peran penting dalam memoderasi impulsive buying. Self-control secara parsial berpengaruh positif terhadap impulsive buying, menandakan bahwa tingkat self-control yang tinggi berkorelasi dengan kemungkinan pembelian impulsif yang rendah. Meskipun self-control berperan sebagai predictor moderasi pada pengaruh konformitas terhadap impulsive buying, kontribusinya tidak signifikan secara statistik. Secara keseluruhan, temuan ini memberikan pemahaman lebih mendalam tentang hubungan kompleks antara konformitas, self-control, dan impulsive buying pada dewasa awal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lianto, A. L., & Meike Kurniawati. (2024). Pengaruh Konformitas Terhadap Impulsive buying dengan Self-control sebagai Moderator pada Dewasa Awal. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 22(1), 66–76. https://doi.org/10.31253/pe.v22i1.2656
Section
Articles

Abstract views: 643 / PDF downloads: 493