Anteseden Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub-Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022)

Authors

  • Rina Sulistiyowati Universitas Buddhi Dharma
  • peng wi Universitas Buddhi Dharma
  • Trida Universitas Buddhi Dharma
  • Yopie Chandra Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/pe.v22i1.2718

Keywords:

Profitabilitas, Likuiditas, Komisaris Independen, Nilai Perusahaan, Struktur Modal

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk menguji anteseden Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan data sekunder, populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan subsector makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2019 sampai dengan tahun 2022.  Penelitian ini menggunakan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel, dengan kriteria sebagai sampel penelitian yang diambil sebanyak 15 perusahaan. Metode analisis persamaan struktural yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS. Pada hasil penelitian ini ditemukan bahwa Profitabilitas berpengaruh terhadap Struktur Modal, Likuiditas berpengaruh terhadap Struktur Modal, Komisaris Independen berpengaruh terhadap Struktur Modal, Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Likuiditas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Komisaris Independen berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Struktur Modal berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Struktur Modal mampu memediasi pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Struktur Modal mampu memediasi pengaruh Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan, Struktur Modal tidak mampu memediasi pengaruh Komisaris Independen terhadap Nilai Perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-01-04

How to Cite

Rina Sulistiyowati, peng wi, Trida, & Yopie Chandra. (2024). Anteseden Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub-Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022). Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 22(1), 140–152. https://doi.org/10.31253/pe.v22i1.2718