Analisis Pengaruh Kegiatan Promosi Terhadap Ekuitas Merk Universitas Buddhi Dharma Di Kalangan Mahasiswa (Survei pada mahasiswa program Studi Manajemen)

  • Agus Kusnawan Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Dari hasil pengujian dan pengolahan data diperoleh besaran korelasi advertaising ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.514, personal selling ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.558, korelasi sales promotion ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.695, korelasi public relation ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.652 ,korelasi direct marketing ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.537dimana kelima korelasi tersebut medekati nilai 1 korelasi yang kuat dan positif. dilihat bahwa Kolom R untuk model 1 menunjukkan bahwa angka koefisien korelasi yaitu sebesar 0.652 Hal ini berarti korelasi antara Advertaising, personal seling,sales promotion, public relation dan direct marketing terhadap ekuitas merk Universitas Buddhi Dharma dan kolom R Squareatau koefisien determinasi0.425, hal ini berarti besarnya pengaruh Advertaising, personal seling, sales promotion, public relation dan direct marketing  terhadap ekuitas merk Universitas Buddhi kolom R untuk model 2 menujukkan bahwa angka koefisien korelasi yaitu sebesar 0.697,hal ini berarti korelasi antara Advertaising, personal seling, sales promotion, public relation dan direct marketing terhadap ekuitas merk Universitas Buddhi Dharma adalah kuat dan kolom R Square untuk model 2 menujukkan angka 0.486,hal ini berarti besarnya pengaruh Advertaising, personal seling, sales promotion, public relation dan direct marketing terhadap ekuitas merk Universitas Buddhi Dharma adalah sebesar 48.6 %. Kolom R untuk model 3  menujukkan bahwa angka koefisien korelasi yaitu sebesar 0.717 hal ini berarti korelasi antara Advertaising, personal seling, sales promotion, public relation dan direct marketing terhadap ekuitas merk Universitas Buddhi Dharma adalah kuat.Kolom R Square untuk model 3 menunjukan angka R Square adalah 51.4%.Untuk uji pengaruh secara simultan didapat F hitung37.880dengan tingkat signifikan 0.000 dimana angka 0.000 < 0.05 dan juga F hitung> F tabel atau 37.880 > 3.09, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh linear antara variabel Advertaising, personal seling, sales promotion, public relation dan direct marketing dengan ekuitas mertk Universitas Buddhi Dharma, maka model regresi tersebut sudah layak dan tepat untuk memprediksi ekuitas merkUniversitas Buddhi Dharma. Persamaan regresi diperoleh Y = a + 0,835 + 0,446.+ 0,713+0,347+0,382.Pada kolom t diketahui bahwa t hitung untuk Advertaising, personal selling, sales promotion, public relation dan direct marketing  masing-masing adalah sebesar 5,879,3.086,4.737,2.326,2.130 tabel t adalah 1,984. Oleh karena thitungAdvertaising, personal seling, sales promotion, public relation dan direct marketing lebih besar dari t tabel atau > 1,984, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Published
2018-02-26
How to Cite
KUSNAWAN, Agus. Analisis Pengaruh Kegiatan Promosi Terhadap Ekuitas Merk Universitas Buddhi Dharma Di Kalangan Mahasiswa (Survei pada mahasiswa program Studi Manajemen). Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 1 - 17, feb. 2018. ISSN 2614-6789. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/PE/article/view/52>. Date accessed: 23 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.31253/pe.v16i1.52.