Analisis Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pemahaman Perpajakan dan Kemudahan Perhitungan & Pembayaran Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Kewajiban Perpajakan Pada Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Di Kecamatan Neglasari

  • Etty Herijawati Universitas Buddhi Dharma
  • Dian Anggraeni Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sosilisasi perpajakan, pemahaman perpajakan, kemudahan perhitungan dan pembayaran pajak terhadap tingkat kepatauhan kewajiban perpajakan pada sektor usaha kecil dan menengah. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 108 responden yang merupakan pemilik usaha kecil dan menengah yang berada di Kecamatan Neglasari Tangerang.


Hasil dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diproses dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Uji kualitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas Pearson Correlation dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Untuk uji asumsi klasik dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Sedangkan uji hipotesis dalam penelitian ini, menggunakan uji R² yang sudah disesuaikan, uji F, dan uji t.


Hasil data penelitian ini menunjukkan bahwa sosialisasi perpajakan, pemahaman perpajakan, kemudahan perhitungan dan pembayaran pajak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap tingkat kepatuhan kewajiban perpajakan pada sektor usaha kecil dan menengah dengan nilai signifikansi masing-masing sosialisasi perpajakan sebesar 0.000, pemahaman perpajakan sebesar 0.000, kemudahan perhitungan dan pembayaran  pajak sebesar 0.001.

Published
2018-02-26
How to Cite
HERIJAWATI, Etty; ANGGRAENI, Dian. Analisis Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pemahaman Perpajakan dan Kemudahan Perhitungan & Pembayaran Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Kewajiban Perpajakan Pada Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Di Kecamatan Neglasari. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 103 - 124, feb. 2018. ISSN 2614-6789. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/PE/article/view/53>. Date accessed: 27 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.31253/pe.v16i1.53.