Analisa Keberadaan Koperasi Di Kabupaten Tangerang

  • Sabam Simbolon Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisa keberadaan koperasi di Kabupaten Tangerang  yang bertujuan untuk mencari gambaran bagaimana keberadaan koperasi di kabupaten Tangerang saat ini dan masa dating. Penelitian ini penelitian deskriptif denga objek penelitian  adalah koperasi yang ada di kabupaten Tangerang  dengan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari Kantor Dinas Koperasi kabupaten Tangerang dan Data BPS Tangerang dalam Angka untuk periode 2012 hingga tahun 2017.Analisis dilakukan dengan analisis comparative deskriptif antar period.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan sector pertanian telah bergeser ke sektor industry jasa, perdagangan dan manufacturing. Penggunaan lahan di Kabupaten Tangerang berubah menjadi tempat berdirinya perusahaan-perusahaan (banguan pabrik dan kantor) dan untuk pemukiman atau perumahan-perumahan.pada sisi yang lain pertumbuhan koperasi secara kuantitas menunjukkan kondisi yang positip pada awalnya namun kemudian berubah menjadi pertumbuhan negative (koperasi-koperasi yang ada sebelumnya banyak yang tidak aktif). Koperasi yang aktif hanya beroperasi sekitar kebutuhan anggota itu sendiri tanpa ada pengembangan usaha bentuk lain untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Koperasi di Kabupaten Tangerang di kelompokkan dalam beberapa kategori diantaranya Koperasi di sector pertanian,koperasi di sector perikanan,koperasi di sector peternakan,koperasi di sector perdagangan dan koperasi di sector jasa. Secara umum koperasi menunjukkan perkembangan yang semakin menurun hanya ada beberapa koperasi yang berkembang positip seperti koperasi Jasa dalam bidang Jasa Kredit (Koperasi Kredit).


Simpulan adalah bahwa koperasi di kabupaten Tangerang masih berada pada posisi yang jauh dari harapan dalam mengemban tugas sesuai dengan pasal 33 UUD45 dan atau Undang-undang Koperasi yaitu sebagai soko guru ekonomi. Bahkan, dengan era globalisasi sekarang ini koperasi cenderung tidak dapat bergerak secara mandiri, kecuali di bantu melalui kebijakan pemerintah. Saran adalah agar pemerintah melakukan terobosan baru  untuk mempertahankan koperasi di Tangerang di masa –masa mendatang

Published
2018-02-26
How to Cite
SIMBOLON, Sabam. Analisa Keberadaan Koperasi Di Kabupaten Tangerang. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 89 - 102, feb. 2018. ISSN 2614-6789. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/PE/article/view/55>. Date accessed: 23 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.31253/pe.v16i1.55.