PENINGKATAN MINAT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BIDANG KULINER DI MASA PASCA PANDEMI

Isi Artikel Utama

Penulis

    Baghas Budi Wicaksono( 1 ) Fidell Wato( 2 ) Sugandha( 3 ) Suhendar Janamarta( 4 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (2) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (3) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (4) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia

Abstrak

Sektor Informal merupakan salah satu alternatif sebagai sumber pertumbuhan ekonomi suatu negara. Masyarakat dan Pelaku usaha memiliki peran penting sebagai penggerak dalam pertumbuhan ekonomi. Dalam rangka untuk menjalankan fungsi tersebut, perlu beberapa hasil penelitian yang secara tepat dapat memetakan potensi untuk meningkatkan program pembangunan nasional.  Kota Tangerang memiliki potensi ekonomi yang sangat besar, mengingat bisnis UMKM tumbuh dan berkembang di beberapa daerah padat pemukiman, seperti Kawasan Wisata Kuliner Pasar Lama. Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa identifikasi masalah, yakni sebagai berikut : 1.) Warga Pasar Anyar Kota Tangerang sudah memiliki bisnis namun mengalami kesulitan dalam hal ekspansi bisnis, (2) Kurangnya pemasaran kawasan wisata kuliner di Tangerang. Adapun Hasil penelitian pengabdian pada masyarakat yakni sebagai berikut : (1). UMKM binaan yaitu Ayam Bakar Mas Fery Kalasan merasa terbantu dengan adanya pendampingan kewirausahaan yang dilaksanakan oleh Tim Dosen Universitas Buddhi Dharma (2.) UMKM Pasar Anyar yaitu Ayam Bakar Kalasan Mas Fery berharap adanya kegiatan pendampingan kewirausahaan secara berkelanjutan yang diadakan oleh Pemerintah dan Akademisi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wicaksono, B. B. ., Wato, F., Sugandha, & Janamarta, S. . (2024). PENINGKATAN MINAT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BIDANG KULINER DI MASA PASCA PANDEMI. Abdi Dharma, 4(1), 43–52. https://doi.org/10.31253/ad.v4i1.2791
Bagian
Articles

Abstract views: 31 / PDF downloads: 41

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama