Peningkatan Keterampilan Desain Grafis Siswa SMK melalui Pelatihan Berbasis Proyek Menggunakan Platform Canva: Pendekatan Pengabdian kepada Masyarakat
Main Article Content
Abstract
Desain grafis merupakan keterampilan yang sangat penting bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk menghadapi tantangan dunia kerja di era digital. Namun, banyak siswa SMK menghadapi kendala dalam mengakses perangkat lunak profesional seperti Adobe Photoshop karena biaya lisensi yang tinggi dan terbatasnya sumber daya teknologi. Selain itu, rendahnya pemahaman terhadap konsep desain visual seperti tata letak, tipografi, dan pemilihan warna juga menjadi permasalahan utama dalam menghasilkan karya desain yang efektif dan profesional. Penelitian ini menawarkan solusi inovatif melalui pelatihan desain grafis menggunakan platform Canva, sebuah aplikasi desain grafis berbasis web yang praktis, ekonomis, dan mudah diakses. Pelatihan ini dirancang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek nyata, dengan tujuan utama meningkatkan keterampilan desain grafis siswa secara signifikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan pengabdian kepada masyarakat (community-based research), melibatkan 30 siswa dari jurusan Multimedia dan Pemasaran Digital SMK Penerus Bangsa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, Pre-Test dan Post-Test, serta evaluasi portofolio siswa dengan pendekatan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan siswa secara signifikan dari skor rata-rata 45% menjadi 85%, terutama pada aspek teknis Canva (30% ke 90%) dan kreativitas desain (48% ke 88%). Penelitian ini penting dalam mengintegrasikan Canva secara luas di pendidikan vokasional untuk meningkatkan kesiapan siswa menghadapi industri kreatif digital masa depan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
I hereby assign and transfer to Abdi Dharma all exclusive copyright ownership rights to the above work. This includes, but is not limited to, the right to publish, republish, downgrade, distribute, transmit, sell, or use the work and other related materials worldwide, in whole, or in part, in all languages, in electronic, printed, or any other form of media, now known or hereafter developed and reserves the right to permit or license a third party to do any of the above. I understand that this exclusive right will belong to Abdi Dharma from the date the article is accepted for publication. I also understand that Abdi Dharma, as the copyright owner, has sole authority to license and permit reproduction of the article. I understand that, except for copyright, any other proprietary rights associated with the work (e.g. patents or other rights to any process or procedure) must be retained by the author. In addition, I understand that Abdi Dharma permits authors to use their papers in any way permitted by the applied Creative Commons license.

