ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PEMASARAN ONLINE BENGKEL CV. TRUBUS JAYA MOTOR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE FIRST IN FIRST OUT (FIFO)

Authors

  • Jonathan Santosa Universitas Buddhi Dharma
  • Muhammad Subhana Universitas Buddhi Dharma

Abstract

CV Trubus Jaya Motor yang bergerak pada bidang perbengkelan, yang belum mempunyai pemasaran secara online membuat beberapa masalah terutama setelah adanya masa pandemi COVID-19 yaitu sulitnya pemasaran untuk mencari pelanggan baru dan juga menurunnya jumlah pelanggan pasca pandemi. Kesulitan lainnya yaitu pelanggan sulit untuk mencari informasi produk atau service yang dijual atau ditawarkan karena masih menggunakan media telepon yang akan merepotkan bagi karyawan yang harus memberi informasi satu per satu kepada setiap pelanggan yang bertanya. Transaksi penjualan juga hanya mengandalkan cara offline atau datang langgsung ke tempat yang tidak sesuai dengan aturan pembatasan sosial di tengah pandemi. Oleh karena itu penggunaan teknologi diperuntukan yaitu dalam pemasaran dan penjualan secara online. Dengan membangun sistem online berbasis web yang akan dibuat bertujuan untuk memudahkan penjualan dan pemasaran secara online. Untuk membantu dalam membangun sistem online, dibutuhkan metode antrian First In First Out (FIFO). FIFO merupakan metode antrian yang berisi algoritma bagaimana sebuah antrian akan berjalan masuk dan berjalan keluar. Hasil yang diharapkan yaitu sebuah sistem yang dapat menampilkan produk dan jasa yang ditawarkan, sistem tersebut juga dapat melayani penjualan atau pemesanan service, serta membantu pencatatan laporan akhir yang terlihat rapi. Diharapkan sistem yang dibuat ini dapat meningkatkan area pemasaran karena penjualan sudah memasuki area internet.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-27